Selasa, 22 Februari 2011

Ternyata Makin Cinta

Pernah mendengar sebuah nasehat dari seorang murobbi (guru) kami. Kurang lebih seperti ini " kalau ingin mendapatkan keturunan yang sholeh dan sholehah maka harus dimulai dari cara mencari pasangan hidup (jodoh)". Sebuah nasehat yang sangat dalam maknanya bagiku untuk mengambil keputusan dalam memilih pasangan hidup yang sholeh. Dan ternyata cara mencari pasangan hidup yang dimaksud adalah tidak menganut sistem berpacaran. Tetapi bagi sebagian orang mana mungkin???? dengan tidak berpacaran lalu bisa menemukan pasangan hidup. Tetapi bagi orang yang faham bagaimana mencari pasangan hidup menurut islam hal itu mungkin.

Islam tidak mengenal istilah pacaran yang ada ta'aruf (saling mengenal). Allah berfirman dalam surat Al-Israa ayat 32 yang artinya "Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk". Mendekati zina saja dilarang bagaimana jika melakukan zina yang sebenarnya. Oleh sebab itu islam mengatur tatacara hubunga antara wanita dan pria dalam sebuah hubungan yang halal dan diridhoi oleh Allah yaitu pernikahan.pasti banyak yang akan bertanya "bagaimana mau melaksanakan pernikahan kalau tidak pacaran, tidak kenal. Untuk menuju pernikahan maka diperlukan ta'aruf (mengenal). Ta'aruf juga ada aturanya, bukan berarti saling mengenal lalu jalan berdua, mengobrol tanpa ditemani muhrim dan lain sebagainya.

Jangan khawatir bila tidak kenal melalui pacaran maka akan mendapatkan jodoh yang buruk. Wanita/pria yang baik akan mendapatkan wanita/pria yang baik dan wanita/pria yang buruk akan mendapatkan wanita/pria yang buruk pula. Yakinlah Allah tidak akan menzholimi hamba_Nya. Seperti firman Allah berikut ini :

اَلْخـَبِيـْثــاَتُ لِلْخَبِيْثـِيْنَ وَ اْلخَبِيْثُــوْنَ لِلْخَبِيْثاَتِ وَ الطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِيْنَ وَ الطَّيِّبُوْنَ لِلطَّيِّبَاتِ

"wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki- laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).(QS. An-Nur : 26).

Yang perlu dilakukan bagi yang belum menikah atau sedang mencari calon pasangan hidup adalah terus memperbaiki diri, meningkatkan kesolehan diri, menambah ilmu dan terus meminta kepada Allah Swt agar diberikan jodoh yang terbaik yang Allah ridho terhadap pasangan kita. Dan ingat bila ada laki-laki yang baik akhlaqnya datang melamar maka janganlah ditolak. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam juga mengancam orang yang menolak lamaran dari seorang lelaki shalih “Jika datang kepada kalian lelaki yang baik agamanya (untuk melamar), maka nikahkanlah ia. Jika kalian tidak melakukannya, niscaya akan terjadi fitnah dan kerusakan besar di muka bumi” [HR. Tirmidzi, Ibnu
Majah].

Bila masih sangsi dengan perasaan cinta, "bagaimana akan cinta dengan pasangan kita kalau belum mengenal (pacaran)". Trus langsung menikah... kayaknya gak mungkin dech suka atau cinta. jangan takut karena jika Allah telah ridho dengan pasangan hidup yang dipilihkan untuk kita, maka Allah akan menumbuhkan rasa cinta diantara pasangan tersebut. Sumber rasa cinta itu dari Allah, maka mintalah kepada Allah agar pasangan hidup kita mencintai kita dan kitapun mencintainya. Justru ketika pernikahan diawali dengan ta'aruf maka rasa cinta akan tumbuh layaknya seorang yang sedang pacaran bahkan akan semakin cinta. Semakin, semakin dan semakin cinta itulah yang saya rasakan saat ini.. Ya Allah terus tumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang kepada kami .. Amin Ya Rabb..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar